ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Pengertian Dasar Sistem Sosial | BERBAGI KODE BLOG

Pengertian Dasar Sistem Sosial

Sistem sosial adalah seperangkat hubungan manusia yang rumit yang berinteraksi dalam banyak cara. Setiap kelompok kecil adalah subsistem di dalam kelompok yang lebih besar yang merupakan subsistem dari kelompok yang lebih besar lagi.
Peran adalah pola tindakan yang diharapkan dari seseorang dalam tindakan yang melibatkan orang lain, peran mencerminkan posisi seseorang dalam sistem sosial dengan hak dan kewajiban, kekuasaan dan tanggung jawab yang menyertainya.


Setiap Pegawai Melakukan Banyak Peran

Status adalah peringkat sosial seseorang dalam sebuah kelompok, status adalah tanda dari kadar pengakuan, penghargaan dan penerimaan yang diberikan kepada seseorang.
 
Budaya Organisasi
  1. Budaya Organisasi merupakan Nilai-nilai dan norma yang dianut dan dijalankan oleh sebuah organisasi terkait dengan lingkungan di mana organisasi tersebut menjalankan kegiatannya
  2. Budaya organisasi merupakan “apa yang dirasakan, apa yang diyakini, dan apa yang dijalani” oleh sebuah organisasi.
Faktor Penentu Budaya Organisasi 
  1. Pengalaman Organisasi (Organizational Experiences) merupakan faktor penentu utama terciptanya sebuah Budaya Organisasi tertentu. Pengalaman Organisasi dapat berupa keberhasilan maupun kegagalan yang dialami organisasi dalam menjalani kegiatannya dari waktu ke waktu.
  2. Prinsip, Norma, Keyakinan, juga dapat menjadi faktor penentu terbentuknya sebuah Budaya Organisasi. Prinsip, Norma, dan keyakinan tertentu nilai-nilainya diadopsi sehingga menentukan sebuah budaya organisasi.
Menurut Schein budaya ada dalam tiga tingkat :
Budaya Menurut Manajemen Syariah adalah Budaya adalah segala nilai, pemikiran, serta simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, serta kebiasaan seseorang dan masyarakat. Contohnya adalah budaya tepat waktu, Rosulullah saw menjelaskan bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga yang tidak boleh diabaikan.

Dalam sebuah hadist riwayat Imam Baihaqi, Rosulullah saw bersabda,
“ Siapkan lima perkara sebelum datangnya lima. Masa hidupmu sebelum datang waktu matimu, masa sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa senggangmu sebelum datang masa sibukmu, masa mudamu sebelum datang masa tuamu, dan masa kayamu sebelum datang masa miskinmu.”

0 Response to "Pengertian Dasar Sistem Sosial"