ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Pengertian BUS Sistem dan BUS I/O Pada Komputer | BERBAGI KODE BLOG

Pengertian BUS Sistem dan BUS I/O Pada Komputer

Bus Sistem dan Bus I/O pada komputer dibagi dalam 2 bagian :
  • Bus sistem, yang menghubungkan CPU dengan RAM, dan
  • Bus I/O, yang menghubungkan CPU dengan komponen-komponen lain.
Pada intinya, bus sistem merupakan bus pusat.

1. Bus Sistem
BUS System
Bus sistem ada di motherboard. Bus ini dirancang sesuai dengan spesifikasi CPU. Teknologi prosesor menentukan ukuran bus sistem. Pada saat yang sama, teknologi sistem bus berkembang untuk meningkatkan kecepatan "traffic"/"lalu lintas" pada motherboard. Bus sistem yang semakin cepat memerlukan komponen-komponen elektronik lainnya yang semakin cepat juga.
Terlihat bahwa kecepatan bus sistem mengikuti batas kecepatan CPU. Bermula pada CPU generasi keempat 80486DX2-50 kecepatan dua kali digunakan. Hal ini menyebabkan CPU dapat mempunyai frekuensi clock internal lebih tinggi. Frekuensi clock external, digunakan di bus sistem, hanya setengah dari frekuensi internal.
Bus 66 MHz
Untuk waktu yang lama semua Pentium berdasar komputer dengan bus sistem 60 atau 66 MHz, yang lebarnya 64 bit
Bus 100 MHz
Kecepatan bus sistem telah meningkat di 1998. Menggunakan SDRAM PC100 yang mempunyai kecepatan 100 MHz terbukti dengan baik dan berikutnya menggunakan RDRAM yang akan memberi kecepatan yang lebih tinggi.
Peningkatan kecepatan dari 66 MHz ke 100 MHz mempunyai pengaruh terbesar pada CPU-CPU dan board/papan Socket 7. Pada modul-modul Pentium-II 70-80% lalu lintas terjadi pada modul SEC, termasuk cache L1 dan L2. Dan modul tersebut mempunyai kecepatan sendiri yang tidak bergantung dengan bus sistem.
Dengan K6 peningkatan kecepatan bus sistem memberikan peningkatan unjuk kerja yang sangat besar karena lalu lintas antara cache L1 dan L2 melewati bus sistem.
Intel telah mengumumkan chipset JX yang digunakan dengan Pentium III untuk memaksa bus sistem hingga 133 MHz. AMD mengubah arsitektur bus sistem pada proyek K7-nya; yang bukan merupakan bus sistem lagi namanya.
Motherboard dengan bus 100 MHz harus mempunyai konstruksi/rancang bangun yang baik dengan power supply dan kapasitor-kapasitor yang bagus.
Bus sistem menghubungkan CPU dengan RAM dan mungkin sebuah buffer memory/memori penyangga (cache L2). Bus sistem merupakan bus pusat. Bus-bus yang lain merupakan pencabangan dari bus ini.
 
2. Bus I / O
BUS I/O
Bus-bus PC merupakan "highway"/"jalan raya" data utama pada system board/papan sistem. Bus "pertama" adalah bus sistem, yang menghubungkan CPU dengan RAM. Disebut juga local bus/bus lokal. Kecepatan dan lebarnya bergantung pada jenis CPU yang terpasang pada motherboard. Biasanya, bus sistem mempunyai lebar 64 bit dan kecepatan pada 66 MHz. Kecepatan yang tinggi ini menimbulkan beberapa gangguan elektronik dan masalah-masalah lainnya. Oleh karena itu, kecepatan tersebut harus dikurangi saat kita menghubungkan dengan kartu-kartu ekspansi dan beberapa komponen lainnya. Sangat sedikit kartu-kartu ekspansi yang dapat bekerja pada kecepatan lebih dari 40 MHz. Oleh karena itu, PC-PC modern mempunyai bus-bus tambahan.
Komputer-komputer pribadi yang pertama hanya mempunyai satu bus, yang menghubungkan CPU, RAM, dan komponen-komponen I/O.
Generasi CPU pertama dan kedua yang lebih tua mempunyai kecepatan frekuensi clock relatif rendah, dan semua komponen sistem dapat bekerja pada kecepatan tersebut. Diantara hal-hal lainnya, ialah diperbolehkannya RAM tambahan dipasang pada slot ekspansi pada PC, dengan menginstall sebuah adapter pada slot ekspansi yang kosong. Sebuah adapter, dimana RAM terletak. Hal itu tidak dapat dipikirkan saat ini.
Berawal tahun 1987, Compaq mengambarkan bagaimana memisahkan bus sistem dari bus I/O, sehingga bus-bus tersebut dapat mempunyai kecepatan yang berbeda. Arsitektur multi-bus telah menjadi standar industri sejak itu. Komputer-komputer pribadi modern juga mempunyai lebih dari satu bus I/O.
Apa yang dilakukan bus I/O? Bus-bus I/O menghubungkan CPU dengan semua komponen yang lain, kecuali RAM. Data berpindah pada bus-bus I/O dari satu komponen ke komponen yang lain, dan data dari komponen-komponen lain ke CPU dan RAM. Bus-bus I/O berbeda dari bus sistem dalam kecepatan. Kecepatannya akan selalu lebih rendah dari kecepatan bus sistem. Telah bertahun-tahun, bermacam-macam bus-bus I/O telah dikembangkan.
Pada PC modern, biasanya akan ditemukan empat bus:
  • Bus ISA, merupakan bus kecepatan rendah yang tua, segera akan dikeluarkan dari rancangan PC.
  • Bus PCI, merupakan bus kecepatan tinggi yang baru.
  • Bus USB (Universal Serial Bus), merupakan bus kecepatan rendah yang baru.
  • Bus AGP yang hanya digunakan untuk kartu grafis.
Telah disebutkan sebelumnya, bus-bus I/O benar-benar merupakan perluasan pada bus sistem. Pada motherboard, bus sistem berakhir pada chip kontroler, yang membentuk jembatan dengan bus-bus I/O.
Semua bus telah menjadi sangat penting dalam pertukaran data di PC. Sesungguhnya, semua komponen kecuali CPU berkomunikasi dengan komponen yang lain dan dengan RAM melewati bus-bus I/O yang berbeda.
Bus I/O Secara Fisik
Secara fisik, bus I/O terdiri dari satu atau lebih jalur pada PCB (Printed Circuit Board)/papan rangkaian tercetak. Jalur-jalur ini digunakan sebagai:
  • Jalur-jalur data, yang masing-masing jalur dapat memindahkan satu bit tiap saat
  • alur-jalur alamat, yang menentukan dimana data-data harus dikirim
Jalur-jalur lain untuk tik clock, tegangan, sinyal pemeriksa, dll.

2 Responses to "Pengertian BUS Sistem dan BUS I/O Pada Komputer"

Shikamaru Nara said...

yuhuu....bermanfaat min
Solder uap

Unknown said...

Melancarkan Peredaran Darah SOP SUBARASHI & UTSUKUSHHII | Layanan COD MEDAN📱085277553117

🔴 AFC Utsukushhii Product 100% Original | Jual AFC Utsukushhii📱#085277553117

🔴 Agen Resmi - AFC Utsukushhii - AFC SOP100+ - AFC SOP Subarashi📱 #085277553117

🔴 Agen Resmi SOP Subarashi & Utsukushhii Beli 2 Box Free Member AFC Potensi Bonus Ratusan Juta

🔴 SOP Subarashi SOP 100 Plus - SOP Subarashi serta Manfaatnya 📱#085277553117

🔴 AFC Utsukushhii - AFC SOP Subarashi - AFC SOP 100 Plus - JUAL AFC Subarashi📱#085277553117

🔴 SOP 100+ Subarashi AFC Japan - Ready Stock - Halal BPOM📱#085277553117

🔴 AFC SOP 100+ Subarashi Japan - Ready Stock Halal BPOM Free Ongkir Seluruh Indonesia

Subarashi Medan Sumatera Utara Ready | AFC Life Japan Sumatera Utara Medan 📱#085277553117

🔴 Harga SOP Subarashi Asli AFC Jepang | Layanan COD Kota Medan📱#085277553117


SOP100+ BATAM | SOP SUBARASHI BATAM | UTSUKUSHHII BATAM | AGEN RESMI AFC BATAM 📱#085277553117

🔴 Layanan Pengiriman COD Agen Resmi AFC SOP SUBARASHI Kota Medan |📱COD #085277553117

🔴Katalog Kumpulan Testimoni Kesembuhan Produk AFC :
➡️ https://bit.ly/kumpulantestimonikesembuhan

🔴Info produk & Cara bergabung Member AFC :
✔️ http://bit.ly/afcbushidoteam
✔️ http://bit.ly/celltherapyjapan

🔴Konsultasi produk dan cara kerja bisnis :
➡️ https://wa.me/6285277553117