ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Bagaimana Teknologi EVDO Bekerja | BERBAGI KODE BLOG

Bagaimana Teknologi EVDO Bekerja

Berbagi Kode Blog, Secara prinsip teknologi EVDO berbasis CDMA, dimana mekanisme kerjanya menggunakan metode matematis untuk mengirim data secara bersamaan pada frekuensi yang sama melalui multi perangkat wireless.
Perangkat wireless yang dimaksudkan bisa berupa ponsel, laptop (notebook dan netbook), dan komputer / PC. Setiap perangkat selalu ditandai dengan kode matematis unik. Kode tersebut dari pengirim terdeteksi sebagai sinyal asli kemu- dian dikirimkan kepada penerima sebagai sinyal modifikasi.

Skema cara  kerja teknologi EVDO 

Bagi orang awam teknologi telekomunikasi mungkin mekanisme kerja dari teknologi EVDO ini cukup sulit untuk dipahami. Sebenarnya kerja dari teknologi EVDO ini mirip dengan operator ponsel yakni lebih mengandalkan sinyal dari menara wireless diban- dingkan dengan koneksi fisik seperti pada telepon kabel. Dari sini mekanisme kerja teknologi EVDO dapat dipahami secara lebih sederhana. Modem EVDO menerima sinyal yang memungkinkan Anda untuk terkoneksi dengan jaringan internet. Mengingat perangkat wireless sangat beragam, modem EVDO juga dikemas dalam beragam format, seperti USB dongle, ExpressCard, dan kartu PCMCIA. Berbagai modem tersebut bisa digunakan secara langsung pada komputer atau router 3G.


Beberapa bentuk/format modem EVDO


Seperti halnya ponsel, penggunaan modem tidak secara otomatis memungkinkan Anda untuk terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk memperoleh koneksi internet, Anda harus berlangganan pada layanan broadband internet pada EVDO provider.
Teknologi EVDO bekerja menggunakan pendekatan IP. Berkenaan dengan hal tersebut proses pengiriman data dilakukan melalui paket. Paket ini merupakan pecahan data terkecil yang dikirim secara independen terhadap paket-paket lainnya.
Mekanisme ini berpengaruh pada penggunaan bandwidth yang lebih irit.Berkenaan dengan penggunaan bandwidth, teknologi EVDO telah memisahkan jalur data dengan jalur suara. Oleh sebab itu, pemakaian jalur suara tidak akan berpengaruh pada kecepatan akses data. Sebanyak apa pun pelanggan melakukan panggilan telepon, bandwidth untuk layanan data tidak akan terganggu.

Artikel Terkait : Bagaimana Perkembangan Teknologi EVDO, Bagaimana Keunggulan Teknologi EVDO. Bagaimana Kelemahan Teknologi EVDO.


Semoga Bermanfaat, Bagaimana Teknologi EVDO Bekerja.

0 Response to "Bagaimana Teknologi EVDO Bekerja"