ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Bagaimana Perkembangan Teknologi EVDO | BERBAGI KODE BLOG

Bagaimana Perkembangan Teknologi EVDO

Berbagi Kode Blog, EVDO merupakan sebuah standar telekomunikasi untuk wireless broadband internet yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan tinggi melalui sinyal radio. Istilah EVDO adalah akronim dari Evolution-Data Only atau Evolution-Data Optimized. Penggunaan istilah EVDO sangatlah luas, artinya teknologi ini tidak hanya dikenal dengan sebutan EVDO saja, tetapi juga EVDO, 1xEvDO, dan 1xEV-DO. Berkenaan dengan hal tersebut, Anda tidak perlu bingung jika menemukan penggunaan istilah yang berbeda untuk merepresentasikan teknologi ini.
Teknologi EVDO memadukan dua teknik, yakni CDMA (Code Division Multiple Access) dan TDMA (Time Division Multiple Access). Dari perpaduan tersebut mungkin Anda bisa langsung mengetahui bahwa teknologi EVDO merupakan evolusi dari standar telekomunikasi CDMA2000.
Jika dilihat dari perkembangannya, teknologi EVDO mengalami tiga fase perkembangan. Adapun masing-masing fase dapat dijelaskan sebagai berikut :

-Fase Pertama: EVDO

Pada fase perkembangan pertama ini, teknologi EVDO dikenal sebagai hasil evolusi ketiga dari teknologi CDMAmobile wireless data yang memiliki kecepatan transfer data tinggi. Teknologi EVDO ini distandardisasi oleh3rd Generation Partnership Project 2 (3GPP2) sebagai bagian dari keluarga CDMA2000 yang telah diadopsi oleh banyak perusahaan penyedia layanan mobile phone di seluruh dunia, terutama yang memanfaatkan jaringan CDMA.
Teknologi EVDO pada fase ini memiliki kecepatan download berkisar antara 600 – 1400 Kbps dan kecepatan upload antara 500 – 800 Kbps. Keunggulan teknologi ini memungkinkan Anda untuk terkoneksi dengan internet meskipun Anda beradadi luar jangkauan jaringan Wi-Fi. Dengan kata lain, Anda bisa mengakses jaringan internet kapan saja dan di mana saja.

- Fase Kedua: EVDO Rev A

Teknologi EVDO  Rev  A merupakan hasil  pengembangan atau inovasi  dari teknologi  EVDO.  EVDO  Rev  A  dapat dikatakan sebagai generasi terbaru teknologi EVDO.  Pada fase perkem- bangan kedua ini, teknologi EVDO  memiliki kecepatan  download  dan  upload yang semakin tinggi.  Selain itu,  teknologi  ini juga  sudah mencakup layanan berbasis telepon seperti suara dan  video  telepon dengan memanfaatkan jaringan IP (Internet Protocol). Sebagai  hasil  perkembangan  teknologi  EVDO,   jelas   bahwa EVDO Rev A memiliki keunggulan lebih  dari  sebelumnya.
Teknologi ini  memiliki kecepatan  download hingga 3,1  Mbps dan  upload 1,8  Mbps.  Jika pada fase  perkembangan pertama teknologi EVDO hanya mentransmisikan data, maka pada fase perkembangan kedua ini telah mencakup data dan suara.
Teknologi EVDO Rev A telah mencakup layanan suara karena dilengkapi dengan kemampuan memutarbalikkan link  dengan cepat (uplink) dan   QoS   (Quality  of  Service) yang  berbasis aliran.  Aliran   ini  diindikasikan dengan  beberapa  parameter termasuk di dalamnya adalah sensitivitas terhadap penundaan (delay),  perubahan  kecepatan  data,  dan   tingkat kesalahan paket yang bisa diterima.

- Fase Ketiga:  EVDO Rev B

Setelah EVDO Rev A, teknologi EVDO kembali dikembangkan menjadi EVDO  Rev  B. Lahirnya teknologi EVDO  Rev  B merupakan bagian dari  langkah  evolusioner dalam peta pengem- bangan  CDMA2000. Teknologi terbaru  dari  EVDO  ini  mena- warkan keunggulan yang berbeda,  di  mana  telah dilengkapi dengan konten multimedia. Selain itu,  teknologi EVDO terbaru ini secara substansial juga mencakup peningkatan data paket dan  kinerja layanan VoIP (Voice  over Internet Protocol).  Adapun keunggulan   yang   ditawarkan   oleh     teknologi    ini    adalah backward compatibility, biaya penyebaran yang rendah, dan keuntungan time-to-market yang signifikan.
Pengembangan  teknologi  EVDO   dari   Rev   A  ke   Rev   B  ini tentunya mencakup peningkatan dalam hal kecepatan trans- misi  data. Pada teknologi EVDO  Rev  B,  kecepatan transmisi data mencapai 9,3   Mbps  untuk download, sedangkan  untuk upload adalah 5,4  Mbps.
Sementara  ditinjau dari   ukuran  bandwidth, teknologi  EVDO Rev   B  lebih   besar  dibandingkan dengan  versi   sebelumnya. Ukuran bandwidth pada EVDO Rev B adalah 2,50 MHz dengan struktur carrier  lebih   dari   satu.  Berikut ini  perbedaan antara EVDO Rev B dengan Rev A.

http://berbagikodeblog.blogspot.co.id/

Meskipun teknologi EVDO terus mengalami pengembangan dan inovasi, namun pada prinsipnya teknologi ini memungkinkan Anda  untuk mengakses internet dengan kecepatan tinggi melalui gadget elektronik seperti ponsel ataupun laptop. Apabila digambarkan, grafik evolusi teknologi CDMA mobile wireless data dapat ditunjukkan pada ilustrasi berikut.

Dari ilustrasi tersebut tampak bahwa proses evolusi jaringan me- lalui beberapa tahap atau fase. Setelah EVDO Rev A, evolusi pengembangan standar jaringan CDMA2000 difokuskan pada kumpulan carrier EVDO Rev A yang memiliki spektrum 1,25 MHz. Pengembangan teknologi EVDO ini disebut dengan NxEVDO atau EVDO Rev B.
Teknologi EVDO Rev B memungkinkan operator untuk mema- dukan banyak carrier EVDO (1xEVDO) dan mengirimkan band-
width atau range frekuensi yang tinggi serta meningkatkan data rates. Dari kemampuan tersebut, teknologi ini memungkinkan operator CDMA2000 untuk bersaing secara efektif dengan teknologi jaringan lain seperti UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) yang bisa beroperasi pada band- width berlebar 5 Mhz. Selain itu, teknologi EVDO Rev B ini juga telah mendukung pengiriman berita dan aplikasi multimedia yang membutuhkan bandwidth tinggi.
Secara umum, pengembangan teknologi EVDO difokuskan pada pergeseran kuat dari teknologi percepatan sirkuit menjadi teknologi percepatan paket. Pergeseran tersebut memungkinkan pengembangan teknologi percepatan transmisi data berbasis In- ternet Protocol pada jaringan data dan broadband wireless voice.


Artikel Terkait : Bagaiamana Keunggulan Teknologi EVDO, Bagaiamana Kelemahan Teknologi EVDO, Bagaimana Teknologi EVDO Bekerja.

Semoga Bermanfaat  Bagaimana Perkembangan Teknologi EVDO.

0 Response to "Bagaimana Perkembangan Teknologi EVDO"