ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Bagaimana Keunggulan Teknologi EVDO | BERBAGI KODE BLOG

Bagaimana Keunggulan Teknologi EVDO


Berbagi Kode Blog, Sebagai 3G-nya jaringan CDMA, teknologi EVDO memiliki beragam keunggulan yang bisa menjadi keuntungan bagi penggunanya. Berikut ini dapat dipaparkan beberapa keunggulan teknologi EVDO.

• Memiliki Kecepatan Akses Data Tinggi

Keunggulan teknologi EVDO yang dibanggakan adalah me- miliki kecepatan akses data yang sangat tinggi. Artinya teknologi ini mampu mengakses data dengan cepat, baik download maupun upload. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa kecepatan download akses ke mobile device pada teknologi ini bisa mencapai 3,1 Mbps, sedangkan kecepatan upload hingga 1,8 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, pengguna bisa mengakses internet dengan sangat cepat.
Kecepatan akses yang tinggi pada teknologi EVDO ini dibarengi dengan ketersediaan kapasitas yang besar.
Bagi Anda yang hobi berinternet, transfer data atau multimedia tentu saja akan dimudahkan dengan adanya
teknologi ini. Mengapa demikian? Dengan kecepatan tinggi dan kapasitas yang besar, Anda bisa menggunakanlayanan multimedia seperti browsing, download lagu dan video, mobile TV, video sharing, teleconference, bahkan online games.



Dari ilustrasi di atas tampak bahwa teknologi EVDO hanya membutuhkan waktu singkat untuk men-download file yang berukuran 1MB dibandingkan dengan teknologi lainnya. Kece- patan akses pada teknologi EVDO ini tidak lepas dari luasnya bandwidth. Dengan ukuran bandwidth 1,25 MHz (EVDO Rev A) dan 2,5 MHz (EVDO Rev B) memungkinkan sinyal atau data yang bisa ditransmisikan semakin besar.

• Biaya Upgrade Murah


Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa teknologi EVDO mengalami perkembangan dalam beberapa fase. Fase perkembangan tersebut pada prinsipnya dapat di-upgrade. Hal ini dimaksudkan bahwa penggunaan teknologi dapat diperbarui.
Sebagai contoh misalnya, Anda menggunakan gadget ponsel atau laptop dengan teknologi EVDO Rev A. Teknologi tersebut dapat di-upgrade dengan teknologi terbaru yakni EVDO Rev B.

Proses upgrade dari EVDO Rev A ke Rev B dapat dilakukan secara mudah, yaitu dengan memproteksi investasi hardware operator EVDO Rev A. Namun dalam beberapa kasus, upgrade menyeluruh ke EVDO Rev B dapat dilakukan tanpa menambah hardware atau perangkat baru. Mengapa demikian? Kartu pusat pemancar saluran dan Radio Network Controllers (RNCs) dapat di-upgrade menggunakan software. Sementara
itu, pusat penerima pancaran radio dapat diaktifkan untuk mendukung carrier baru. Upgrade teknologi ini tidak perlu mengubah Packet Data Service Nodes (PDSNs), Home Agents (HAs), atau elemen network inti lainnya.

• Adanya Quality of Service (QoS)


Quality of Service (QoS) merupakan garansi throughput, di mana penyedia jasa memberikan jaminan kepada pelanggannya bahwa kapasitas yang akan diterima tidak akan berkurang atau melebihi batas yang ditentukan. Adanya QoS ini memungkinkan pelanggan memperoleh aplikasi-aplikasi layanan yang dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Layanan QoS pada teknologi EVDO didukung dengan fitur service control. Fitur ini berfungsi untuk mengenali trafik data yang ditransmisi melalui bandwidth. Di samping itu, fitur ini juga mampu menentukan prioritas terhadap suatu paket. Prioritas tersebut bisa ditentukan berdasarkan profil pelanggan. Keberadaan fitur ini dapat mempermudah operator dalam mengatur lalu lintas data yang melalui jaringan EVDO yang dimilikinya. Sebagai contoh misalnya, pelanggan premium lebih diprioritaskan dibandingkan dengan pelanggan biasa. Pemberian prioritas ini juga bisa ditentukan berdasarkan aktivitas yang dilakukan. Misalnya saja, aktivitas browsing memperoleh prioritas yang lebih tinggi daripada aktivitas download konten dari internet.

• Backward Compatibility

Keunggulan lain yang dimiliki oleh teknologi EVDO adalah backward compatibility. Hal ini dimaksudkan bahwa teknologi EVDO memiliki kesesuaian antara versi terbaru dengan versi sebelumnya.Teknologi EVDO saat ini telah mengalami pengembangan dan inovasi sehingga menghasilkan teknologi yang semakin baik. Perkembangan pertama terjadi dari EVDO menjadi EVDO Rev A kemudian dilanjutkan dengan EVDO Rev B. Meskipun demikian, teknologi ini terkait satu sama lain sehingga teknologi  EVDO  terbaru akan mendukung teknologi EVDO  sebelumnya.
Sebagai contoh misalnya, Anda  menggunakan gadget dengan teknologi EVDO Rev B. Gadget dengan teknologi tersebut akan senantiasa menerima layanan yang tidak  terputus dari  jaringan EVDO   dan   Rev   A.   Hal   ini  memungkinkan  operator untuk meratakan Rev B sesuai yang dibutuhkan dengan kinerja tinggi sehingga mendukung kecepatan transmisi data.

•    Fleksibel

EVDO  Rev  B  merupakan standar telekomunikasi  yang telah menggunakan   teknologi  multi-carrier air  interface. 
Jaringan EVDO Rev B memiliki fleksibilitas dalam mendukung peralatan carrier  tunggal dan berlipat pada spektrum yang sama. Flek- sibilitas   ini    memungkinkan   operator   untuk   menawarkan layanan  dan  produk  mobile  carrier tunggal  dengan  harga murah   pada   pelanggan   yang  sensitif  terhadap   harga.   Di samping itu,  operator juga bisa menawarkan  produk mobile dengan carrier berlipat, PDAs (Personal Digital Assistants), dan kartu PC untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap koneksi jaringan internet yang berkinerja tinggi.

•    Tidak Ada Batasan Konfigurasi  Spektrum


Penggunaan  multicarrier khususnya  pada  EVDO   Rev   B memperlihatkan  bahwa  teknologi ini  memungkinkan  stasiun mobile   berkomunikasi   dengan   mengakses   lintas   jaringan dalam  waktu yang  sama.  Dengan memanfaatkan  lebih  dari satu carrier untuk mengirimkan data, pengguna  teknologi Rev B   ini   bisa    menikmati  throughput  tinggi   dan latensi  yang rendah.
Throughput merupakan jumlah  data yang ditransimisikan dari satu tempat ke  tempat lain  dalam satuan waktu tertentu yang umumnya adalah detik. Sementara latensi (latency) dapat dipahami sebagai periode waktu proses yang dibutuhkan oleh komponen dalam sistem untuk menunggu proses komponen lain  dalam  sistem yang  sama.  Latensi ini  mencakup  waktu yang terbuang  dan  waktu  tunggu.  Sementara  latensi   padajaringan diartikan sebagai waktu yang diperlukan sejumlah paket data untuk berproses dari host asal ke host tujuan. Berkenaan dengan hal tersebut, latensi dan bandwidth memiliki keterkaitan, di mana sama-sama
menunjuk pada kapasitas dan kecepatan suatu jaringan.
Kendala yang seringkali dihadapi oleh penyedia koneksi data dengan kecepatan tinggi adalah minimnya bandwidth atau rentang frekuensi yang bisa digunakan. Teknologi EVDO yang menggunakan bandwidth dengan ukuran lebih lebar tentu saja tidak mengalami kendala tersebut. Meskipun demikian, keter- sediaan spektrum yang tidak terbatas menuntut operator untuk lebih fleksibel dalam menggunakan saluran-saluran untuk meningkatkan kinerja jaringan.

• Menggunakan Protokol IP (Internet Protocol)

Jaringan wireless awalnya memanfaatkan sebuah penghalang antara pengirim dengan penerima. Teknologi EVDO sebagai standar telekomunikasi mengadopsi pendekatan yang sama untuk internet, yakni menggunakan IP. Dalam pendekatan ini, data yang akan ditransmisi dipecah menjadi pecahan kecil yang disebut dengan paket. Setiap paket dikirim secara independen terhadap paket yang lain. Proses transmisi data ini jelas bisa menghemat penggunaan bandwidth sehingga dimungkinkan untuk dipakai oleh perangkat lain. Mengapa demikian? Ketika tidak terjadi percakapan melalui ponsel tentunya tidak ada paket yang melalui jaringan karena tidak terdapat paket yang akan dikirim. Sementara pada aplikasi internet, band- width tidak akan digunakan apabila hanya dipakai untuk melakukan browsing tanpa kirim data.
Dengan pendekatan IP, pelanggan mobile berteknologi EVDO bisa memperoleh layanan sharing data atau suara dengan baik karena pendekatan ini memadukan mobile wireless, kom- putasi, dan perangkat elektronik. Sementara pengguna aplikasi berbasis IP seperti email, chatting, browsing, dan lain-lain tidak perlu khawatir karena jaringan EVDO juga dapat digunakan untuk layanan multimedia.

• Meningkatkan Kinerja VoIP

Voice over Internet Protocol (VoIP) merupakan suatu meka- nisme yang memungkinkan dilakukannya komunikasi suara melalui jaringan paket berbasis IP. Teknologi EVDO yang dilengkapi dengan aplikasi QoS pada jaringan wireless memungkinkan operator untuk memberikan layanan suara dengan kualitas tinggi melalui infrastruktur EVDO yang dimilikinya.
VoIP pada teknologi EVDO akan sangat mendukung aplikasi delay sensitive yang membutuhkan koneksi internet cepat secara berkesinambungan. Teknologi ini mampu mengha- silkan suara yang lebih jelas dan jernih pada saat terjadi proses komunikasi suara.
Perkembangan teknologi EVDO hingga tiga fase semakin meningkatkan kualitas VoIP. Ketika operator memindahkan layanan suara ke VoIP Rev A dibutuhkan kapasitas tambahan yang disebarkan melalui tambahan carriers. Selanjutnya carriers ini disebarkan ke Rev B sehingga pelanggan mem- peroleh manfaat dari peningkatan kapasitas yang memperbaiki kualitas VoIP. Skala kapasitas carrier pada teknologi EVDO dapat ditunjukkan pada ilustrasi berikut.


Bagaiamana Keunggulan dan Kelemahan EVDO


Dari  ilustrasi di  atas tampak bahwa Total  Interference Cancellation (TIC) atau  total  pembatalan gangguan pada Rev B semakin  besar.  Hal ini  mengindikasikan  bahwa  teknologi EVDO telah mampu mengatasi masalah gangguan suara. Oleh sebab itulah  kualitas VoIP pada teknologi ini semakin baik.

Artikel Terkait : Bagaimana Perkembangan Teknologi EVDO, Bagaiamana Kelemahan Teknologi EVDO, Bagaimana Teknologi EVDO Bekerja.

Semoga Bermanfaat,  Bagaiamana Keunggulan Teknologi EVDO.

0 Response to "Bagaimana Keunggulan Teknologi EVDO"