ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Bagaimana Kelemahan Teknologi EVDO | BERBAGI KODE BLOG

Bagaimana Kelemahan Teknologi EVDO

Berbagi Kode Blog, Secanggih apa pun teknologi bisa saja masih memiliki titik cela yang menjadi kelemahannya. Demikian pula dengan teknologi EVDO. Dari banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh teknologi ini, siapa pun tentu tidak akan ragu mengakui bahwa teknologi ini benar-benar canggih. Namun, jika ditelisik secara lebih jauh dan cermat, Anda juga bisa menemukan kelemahan yang ada pada teknologi ini. Apa saja kelemahannya? Simak uraiannya berikut ini.

• Jangkauan Masih Terbatas

Pada layanan suara, teknologi CDMA sebagai pondasi tek- nologi EVDO sudah telanjur “dipandang sebelah mata” oleh masyarakat pengguna mobile device. Namun, dalam hal layanan internet, teknologi EVDO kini tidak bisa disepelekan karena kecepatan akses yang ditawarkan mampu menyaingi kecepatan akses layanan internet HSDPA yang diusung oleh GSM.
Secara teknologi terutama dalam hal kecepatan akses, EVDO memang tidak kalah dengan pesaingnya. Namun, apabila ditinjau dari luas jangkauan, HSDPA memang lebih unggul. Jangkauan EVDO saat ini belum seluas jangkauan HSDPA. Untuk wilayah Indonesia sendiri, jaringan EVDO cenderung masih menjangkau wilayah kota-kota besar, sementara kota- kota kecil belum. Berbeda dengan HSDPA yang cenderung telah menjangkau sebagian besar wilayah Indonesia.
Keterbatasan luas jangkauan ini tentu saja berpengaruh pada kecepatan akses yang menjadi kebanggaan teknologi EVDO.
Penggunaan layanan internet yang berada di luar jangkauan jaringan EVDO tidak akan memperoleh kecepatan akses sebagaimana yang ditawarkan.

• Tidak Bisa Digunakan untuk Melakukan Panggilan

Penggunaan ukuran bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya ternyata belum menjadikan EVDO sebagai teknologi yang benar-benar unggul secara menyeluruh. Band- width yang lebih lebar memungkinkan pemisahan dua jalur antara jalur suara dengan data. Meskipun kedua jalur tersebut telah dipisahkan, namun sayangnya teknologi ini tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan atau percakapan.
Kekurangan ini memang menjadi salah satu titik kelemahan teknologi EVDO. Walaupun begitu, kekurangan ini bisa diatasi dengan adanya fitur atau aplikasi VoIP. Jika Anda ingin me- lakukan panggilan atau percakapan melalui jaringan EVDO, Anda bisa memanfaatkan jalur internet menggunakan VoIP dengan bantuan aplikasi Skype atau Fring.

• Base Transceiver Station (BTS) Masih Terbatas

Base Transceiver Station (BTS) merupakan menara pemancar sinyal yang menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan EVDO. Ketersediaan BTS ini berpengaruh pada kekuatan sinyal dan luas jangkauan jaringan EVDO. Dengan terbatasnya BTS menyebabkan kekuatan sinyal pada perangkat mobile, baik ponsel maupun laptop tidak stabil. Secara lebih lanjut, hal ini bisa mengakibatkan gangguan koneksi internet.

Ketika  koneksi   internet  mengalami   gangguan,   kecepatan akses data juga   akan  terganggu. Jika  sudah demikian, kunggulan kecepatan akses yang selama ini  menjadi kebang- gaan teknologi EVDO cenderung tidak bisa  dibuktikan.

Artikel Terkait : Bagaimana Perkembangan Teknologi EVDO, Bagaiamana Keunggulan Teknologi EVDO. Bagaimana Teknologi EVDO Bekerja.

Semoga Bermanfaat, Bagaiamana Kelemahan Teknologi EVDO

0 Response to "Bagaimana Kelemahan Teknologi EVDO"